Ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi Faradila Zahra Bachyuni, SH Kunjungi Posyandu Bogenvile TK-Paud Di Desa Suak Putat Launching Penyerahan Plaksanaan Dokumen Angggaran Satuan Kerja Daerah Tahun 2023.Oleh PJ,Bupati Muaro Jambi PJ Bupati Bachyuni Deliansyah Hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Anggota DPRD Muaro Jambi Agustian mahir.SH Gelar Reses Tampung Aspirasi Masyarakat Di Desa Jambi Tulo. PJ bupati bachyuni deliansyah melepas tim sepak bola yang akan mengikuti turnamen Gubernur Cup 2023.

Home / Berita

Kamis, 8 Agustus 2024 - 10:23 WIB

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono Membuka Kegiatan Rilis Angka Kemiskinan Kabupaten Muaro Jambi

Radarmuarojambi.com – Muaro Jambi – Penjabat Bupati Muaro Jambi Drs, Raden najmi Dalam hal ini di wakilin Sekretaris Daerah Muaro Jambi Budhi Hartono, S,. Sos,. MT Menghadiri Acara sekaligus membuka kegiatan RILiS angka kemiskinan Kabupaten Muaro Jambi,yang berlokasi di kumpalan benang kabupaten Muaro Jambi,Kamis (8/08/2024).

Dalam sambutan Sekda Budhi Hartono Mengatakan untuk pertama kalinya BPS dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melakukan rilis data statistik secara resmi.

“Lanjut dirinya menyebutkan Pada hari ini kita melakukan rilis statistik kemiskinan yang teraktual. Kita ketahui bersama bahwa penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu prioritas utama kebijakan pemerintah Indonesia, termasuk juga Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.”Ujarnya

Hal ini sejalan dengan komitmen untuk mencapai tujuan pertama dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu menghapus kemiskinan.

BACA JUGA :  Sekda Budhi Buka Rakor Statistik Sektoral 2023

“Tersedianya angka kemiskinan yang akurat di setiap wilayah dan dapat diperbandingkan di tingkat nasional maupun daerah merupakan syarat mutlak dalam penyusunan kebijakan penanggulangan kemiskinan.” Katanya

Angka kemiskinan memiliki fungsi sangat penting dalam pembangunan daerah. Mulai dari dasar penyusunan kebijakan, penetapan sasaran program, penentuan alokasi program, hingga evaluasi program pembangunan termasuk pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah/Panjang Daerah (RPJMD/RPJPD).

“Bahkan, data kemiskinan adalah salah satu instrumen untuk mengukur kinerja pemerintah daerah.” Ucapnya

Kami ucapkan terima kasih kepada BPS Kabupaten Muaro Jambi selaku penyelenggara kegiatan ini. Semoga rilis bersama ini menjadi media komunikasi yang baik dalam diseminasi data.Semoga data yang dihasilkan bisa membantu pembangunan Kabupaten Muaro Jambi ini.

Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Muaro Jambi Muji Lestari, SE MA menyampaikan angka Kemiskinan Kabupaten Muaro Jambi tahun 2023 sebesar 4,43 persen. Pada tahun ini angka Kemiskinan Kabupaten Muaro Jambi mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni 3,65 persen.

BACA JUGA :  Pj Bupati Muaro Jambi Melakukan Panen Cabai Merah Program Replikasi Infratani Kabupaten Muaro Jambi

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya itu terjadi penurunan, artinya kondisi saat ini bisa dikatakan mulai membaik,” ujarnya.

Disamping itu perlu juga diperhatikan angka indeks kedalaman (P1) dan keparahan kemiskinan (P2).

Indeks kedalaman kemiskinan katanya, adalah ukuran rata-rata kesenjangan pengeluaran masing-masing penduduk miskin terhadap garis kemiskinan. Makin besar angka indeks ini mengindikasikan makin besar kesenjangan yang terjadi, itu tidak baik.

Menurut data yang dirilis yang dijelaskan Muji Lestari, indeks kedalaman kemiskinan Kabupaten Muaro Jambi tahun 2024 sebesar 0,48. Angka ini lebih baik dari tahun sebelumnya sebesar 0,61.

BACA JUGA :  PJ Bupati Bachyuni Deliansyah, SH.MH Melantik Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Muaro Jambi.

“Jadi ada penurunan kesenjangan yang terjadi. Sejalan dengan indeks kedalaman, indeks keparahan di Kabupaten Muaro Jambi juga mengalami perbaikan,” katanya.

Indeks keparahan yang memberi gambaran penyebaran pengeluaran di antara penduduk miskin yang terjadi di Kabupaten Muaro Jambi pada tahun 2024 yakni sebesar 0,10 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar 0,13. Hal ini mengindikasikan makin kecilnya gap yang terjadi antar penduduk miskin.

“Adapun garis kemiskinan Kabupaten Muaro Jambi tahun 2023 sebesar Rp 535.244/kapita/bulan dan tahun 2024 Rp 617.948/kapita/bulan,” sebutnya.

Muji Lestari menyampaikan rilis angka Kemiskinan yang melibatkan Kepala OPD ini, merupakan pertama kalinya dilakukan oleh BPS.

“Tujuannya adalah untuk merencanakan tindak lanjut kedepan bagaimana mengatasi menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Muaro Jambi,” tandasnya.(radar)

Share :

Baca Juga

Berita

Pj Bupati Panen Raya di Desa Kedotan Sekernan , Begini Penjelasan Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura

Berita

Pj Bupati Muaro Jambi Mengunjungi Wahyu Anak Penderita Penyakit Kronis di RSUD Mataher

Berita

PJ bupati bachyuni deliansyah melepas tim sepak bola yang akan mengikuti turnamen Gubernur Cup 2023.

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Hadiri Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi

Berita

Pj Bupati Raden Najmi Hadiri Launching Pembukaan Acara Gentala Arasi

Berita

Pj Bupati Muaro Jambi Membagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat

Berita

Berikan tindakan tegas kepada Direktur PDAM Tirta Muaro Jambi Elis Pirsada, Begini Penegasan Pj Bupati Raden Najmi

Berita

PJ Bupati Drs,Raden Najmi Hadiri Rapat Evaluasi Tindak Lanjut Sistem Pencegahan Korupsi.